cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
syahid.lppm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioekons.ips@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sosio e-kons
ISSN : 20852266     EISSN : 25025449     DOI : -
Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat praktis bagi kalangan akademisi
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons" : 9 Documents clear
Peranan Ratu Kalinyamat dalam Perkembangan Kota Jepara (1549-1579) Suyekti Kinanthi Rejeki
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3755

Abstract

Ratu Kalinyamat adalah bagian dari sejarah yang tidak bisa dipisahkan dalam perkembangan Kota Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum Kerajaan Demak, kehidupan ekonomi, dan politik pada saat Ratu Kalinyamat berkuasa. Metode sejarah adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri atas 4 tahapan, yaitu  heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, keberhasilan Ratu Kalinyamat dalam memimpin Jepara bisa dilihat dari wilayah kekuasaan yang sangat luas dan pengaruhnya. Dalam naskah Cirebon dan Banten, pengaruh kekuasaan Ratu Kalinyamat mencapai wilayah Banten dan utara Jawa sebelah barat.  Secara ekonomi, Ratu Kalinyamat berhasil memulihkan kondisi perdagangan di wilayah Jepara. Kerja sama dalam bidang ekonomi memang diutamakan oleh Ratu Kalinyamat. Dalam bidang kegamaan, Ratu Kalinyamat mempunyai peran penting dalam penyebaran agama Islam melalui seni budaya. Penyebaran agama Islam mendapat sambutan baik dari masyarakat karena kedatangannya yang berlangsung dengan damai. ABSTRACTRatu Kalinyamat is a part of history that cannot be separated from the development of the City of Jepara. Queen Kalinyamat is the daughter of Sultan Trenggana. His name appeared when the Kingdom of Demak suffered a setback due to political conflict and power struggles. The purpose of this study was to determine the general description of the Demak Kingdom, economic life, and politics when Queen Kalinyamat came to power. This study uses historical methods consisting of 4 stages, namely heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. Based on the results of the study, the greatness of Queen Kalinyamat's power was seen from the area and its influence. According to the manuscript from Banten and Cirebon, the vast power of Queen Kalinyamat reached the Banten region. While its influence on the northern coast of Java in the west. In economic life, Queen Kalinyamat succeeded in restoring Jepara's trade. Economic consolidation is prioritized by Queen Kalinyamat. In the field of theology, Ratu Kalinyamat has a very important role in the spread of Islam, namely through cultural arts. The spread of Islam received a good response from the community because of its peaceful coming.
Peran Media Sosial dalam Perkembangan Industri Kreatif Widya Nuriyanti
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3102

Abstract

Teknologi saat ini melahirkan suatu jaringan internet yang mempermudah masyarakat untuk melakukan segalanya. Jaringan internet semakin dikembangkan tidak hanya sebatas sambungan telepon melalui sistem seperti desktop, laptop, tab dan smartphone hadir memberikan kemudahan dalam mengakses internet dengan layanan paket data dimanapun dan kapanpun sehingga sangat terbuka luas bagi para pelaku Industri Kreatif untuk lebih memperkenalkan produk atau jasanya melalui internet. Saat ini banyak kita jumpai media sosial sebagai sarana atau media dalam perkembangan perekonomian suatu bangsa. Tidak hanya situs jejaring sosial facebook media sosial lainnya seperti blog, twitter, instagram dan aplikasi marketplace kini menjadi jalur dalam strategi komunikasi pemasaran yang langsung dapat diterima oleh pengguna internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pemahaman yang berdasarkan pada metodologi dan menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Subjek penelitian dari hasil survey Jamalul Izza ketua dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) melalui website resmi (www.apjii.or.id) pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2016 menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung dengan internet  Dari hasil survei khusus ekonomi kreatif, pelaku industri kreatif umumnya menjual produk langsung ke konsumen, di mana pasarnya masih berada dalam wilayah domestik. Lebih lanjut, fenomena ekonomi digital ternyata sudah berjalan dengan baik karena sebagian besar pelaku usaha sudah menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Current technology gives birth to an internet network that makes it easier for people to do everything. The internet network is increasingly being developed not only limited to telephone connections through systems such as desktops, laptops, tabs, and smartphones. It provides convenience in accessing the internet with data package services wherever and whenever so it is very wide open for creative Industries to introduce more products or services through the internet. We have now encountered much social media as a medium or media in the development of a nation's economy. Not only other social media Facebook social networking sites such as blogs, twitter, Instagram and marketplace applications are now the paths in marketing communication strategies that can be directly received by internet users. This study uses a qualitative approach that is understanding based on methodology and investigating a social phenomenon and human problems. Research subjects from the results of the survey by Jamalul Izza chaired the Indonesian Internet Network Organizing Association (APJII) through the official website (www.apjii.or.id) in 2017, internet users in Indonesia throughout 2016 found that 132.7 million Indonesians were connected with internet From the results of a special survey of creative economics, creative industries generally sell products directly to consumers, where the market is still in the domestic territory. Furthermore, the phenomenon of the digital economy has turned out to be going well because most business people have used social media as a promotional tool.
Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Kelas IX di SMP YAPPA Depok Tanti Ardianti
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3445

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Peningkatan tersebut dapat dilihat berdasarkan skor angket siklus 1 dengan skor siswa 58,33%, persentase kepercayaan 67,87%, persentase keuletan 76,83%, sedangkan pada siklus II pilihan penilaian siswa adalah 85,65%, 80,56% dan persentase keuletan 84,84%, kelengkapan mencapai 80%. Hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP YAPPA Depok.
Persepsi Manajemen Modal Kerja Berdasarkan Gender dan Jenis Usaha Fathur Rofiq; Mohammad Yunies Edward
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3072

Abstract

Manajemen modal kerja merupakan salah satu kunci dalam mendukung kinerja perusahaan sehingga penelitian ini memiliki tujuan agar mendapatkan gambaran mengenai persepsi pengelolaan modal kerja dan kinerja perusahaan umkm troso dan mebel yang ada di Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif sehingga diperoleh gambaran manajemen modal kerja. Hasilnya adalah manajemen modal kerja pada umkmsebagian besar masih kurang dan perlu peningkatan lagi, begitu juga dengan hasil kinerja nya juga masih kurang. Sedangkan berbasis gender manajemen modal kerja dan kinerja untuk pemelik usaha pria masih lebih baik dibandingkan dengan pemilik usaha wanita. Untuk berbasis jenis usaha dalam manajemen modal kerja jenis usaha troso lebih baik tapi untuk hasil kinerja perusahaan jenis usaha mebel lebih baik. Working capital management is one of the keys in supporting company performance so this research aims to get an overview of the perceptions of working capital management and the company's performance in public transportation and furniture in Jepara. The method used in this research is descriptive analysis in order to obtain a description of working capital management. The result is that working capital management, in general, is still lacking and needs to be increased again, as well as the performance results are still lacking. Whereas gender-based working capital management and performance for male business owners are still better than female business owners. Based on the type of business in working capital management, the type of troso business is better, but for the performance results, the type of furniture business is better.
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada Pengusaha Garam di Purwokerto Sugeng Haryono; Nurlaela Nurlaela
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3080

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan penjualan Pengusaha garam di daerah purwokerto. Mengetahui pengaruh strategi saluran distribusi terhadap peningkatan penjualan Pengusaha garam di daerah purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei korelasional. Sedangkan analisis yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. koefisien determinasinya sebesar 0,482 menunjukkan bahwa besarnya kontribusi marketing mix (product, price, place, promotion) pada peningkatan volume penjualan (X) terhadap aspek pemasaran UMKM (Y) adalah sebesar  48%, sisanya (51,7%) karena pengaruh faktor lain. ABSTRACT The specific purpose of this study is to determine the effect of promotional strategies on increasing sales of salt entrepreneurs in Purwokerto. Knowing the effect of distribution channel strategy on increasing sales of salt entrepreneurs in Purwokerto. The method used in this research is the correlational survey method. While the analysis used to test the truth of the hypothesis is done by simple linear regression analysis. the determination coefficient of 0.482 indicates that the contribution of the marketing mix (product, price, place, promotion) to the increase in sales volume (X) to the MSME marketing aspect (Y) is 48%, the rest (51.7%) is due to the influence of other factors 
Kelayakan Ekonomi Investasi Dalam Pembangunan Kawasan Perumahan (Studi Kasus: Padma Resident Housing Area in Yogyakarta) Arman Paramansyah; Bakti Toni Endaryono; Tjipto Djuhartono
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3110

Abstract

Kebutuhan penyediaan perumahan terus mengalami peningkatan termasuk di wilayah Yogyakarta.Pengembang menyediakan perumahan dengan menginvestasikan uangnya untuk pelaksanaan pembangunan termasuk fasilitas di dalamnya. Namun pengembang sebagai investor akan menilai secara ekonomi apakah perumahan yang akan dibangun layak secara ekonomi. Pembayaran rumah oleh pembeli dapat dilakukan secara tunai dan cicilan.Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan dari indikator nilai saat ini, internal rate of return dan indeks profitabilitas.Data diambil langsung dari bagian keuangan pengembang.Data meliputi semua biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan pembangunan dari mulai pengolahan lahan sampai operasi perumahan.Dari penelitian ditemukan bahwa proyek layak karena nilai net present adalah positif dengan nilai Rp. 45.842.494.786 untuk cicilan 10 tahun. Nilai indeks profitabilitas sebesar 1,95 untuk cicilan 10 tahun nilai internal rate of return (IRR) sebesar 24.57% sedangkan tingkat suku bunga yang ada hanya 7,5%. ABSTRACT Housing needs continue to increase, including in Yogyakarta. The developer provides housing by investing the money for the construction, including the facilities in it. But developers, as investors will assess economically whether housing to be built, is economically feasible. Home payments by buyers can be made in cash and installments. Therefore the purpose of this study is to assess the feasibility of the current value indicator, internal rate of return and profitability index. Data is taken directly from the finance department of the developer. Data includes all costs incurred to carry out construction from the start of land processing to housing operations. From the research, it was found that the project was feasible because the net present value was positive with a value of Rp. 45,842,494,786 for 10 years installments. The profitability index value is 1.95 for 10 years installments, the internal rate of return (IRR) is 24.57% while the interest rate is only 7.5%.
Effectiveness of Managing Emotion Techniques in Group Counseling to Prevent Aggressiveness of High School Students Veno Dwi Krisnanda
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3421

Abstract

This study used experimental research with a pretest-group control design design. The subject of this study were 14 students of class XI who had aggressiveness in the high category. There are two types of instruments used in this study, namely the instruments for the treatment and instrument of data collection. Based on the results of the study based on the independent Gain Score statistical analysis of the sample t-test with the data value The level of aggressive behavior of the experimental group was lower than the control group Conclusion was that anger management techniques in group counseling had an effect on student aggressive behavior
Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan PT Home Center Indonesia Cabang Cibubur Dewi Purwaningsih
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3634

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi, komitmen afektif  dan motivasi kerja  terhadap kinerja karyawan PT Home Center Indonesia (Informa) Cabang Cibubur, baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan  yang berjumlah 120 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi terhadap motivasi kerja (1), komitmen organisasiterhadap motivasi kerja (2), supervisiterhadap kinerja karyawan (3), komitmen organisasi  terhadap kinerja karyawan (4), dan motivasi kerja  terhadap kinerja karyawan (5). Secara keseluruhan, baik secara langsung maupun tidak langsung besarnya pengaruh diketahui 61,88%, sedangkan sisanya sebesar 38,12% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.ABSTRACTThe purpose of this study was to find out and analyze the effect of supervision, affective commitment and work motivation on the performance of employees of  PT Home Center Indonesia (Informa) Branch Cibubur, both directly and indirectly. The population of this study was all employees totaling 120 people. The sampling method was carried out using random sampling techniques so that a sample of 93 people was obtained. Data collection is done by filling out a questionnaire. Analysis of the data used is path analysis. The results showed that there was a significant influence between supervision of work motivation (1), organizational commitment to work motivation (2), supervising on employee performance (3), organizational commitment to employee performance (4), and work motivation on employee performance (5). Overall, both directly and indirectly the magnitude of the effect is known to be 61.88%, while the remaining 38.12% is influenced by other factors not examined in this study. 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak Badan Melakukan Perencanaan Pajak Fibria Anggraini Puji Lestari
Sosio e-Kons Vol 11, No 2 (2019): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/sosioekons.v11i2.3362

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9